Tuesday, January 15, 2008

Sampang-Pamekasan Alami Abrasi

Pesisir pantai selatan Kabupaten Sampang hingga Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, sepanjang 20 km mengalami abrasi (pengikisan), akibatnya sebagian jalan propinsi tergerus air dan mengancam keselamatan pengguna jalan.

Seorang warga Tlanakan, Kab Pamekasan, Abd Asis (39), mengatakan, gelombang besar yang terjadi sejak sepekan terakhir menyebabkan gelombang pasang, telah merusak sebagian tangkis laut sebagai penguat pinggir jalan propinsi itu. "Banyak warga yang tidak menyadari jika pinggir jalan propinsi itu mulai tergerus air laut, dan bila dibiarkan bakal mengancam keselamatan pengguna jalan," katanya, Rabu (26/12).

Bahkan, sebagian rumah warga yang dekat dengan bibir pantai seperti di perbatasan Kab Pamekasan dan Sampang, bagian belakang rumahnya sudah disentuh air laut. "Jika terjadi gelombang pasang dengan ketinggian satu meter, saya yakin ada rumah yang bakal terendam air laut," ujarnya.

Sementara warga Desa Sejati, Kec Camplong, Kab Sampang, Kamaluddin, juga mengkhawatirkan penggerusan pinggir jalan propinsi terus terjadi, seiring dengan gelombang laut yang masih cukup besar. Ia mencontohkan, pinggir jalan propinsi di Desa Darma Camplong, saat ini kondisinya mengancam keselamatan pengguna jalan. Yang tergerus air laut itu sudah menyentuh aspal jalan," katanya. (ant)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home