Sunday, February 24, 2008

Ratusan Calon Penumpang Duduki Kapal

Thursday, 21 February 2008
SUMENEP - Ratusan calon penumpang “menduduki” KM Dharma Bahari Sumekar (DBS) I, yang bersandar di Dermaga Pelabuhan III Kalianget, Sumenep, Rabu (20/2). Kedatangan massa, yang sudah 20 hari menunggu angkutan laut, itu terjadi setelah mereka mendengar kabar bahwa kapal akan diberangkatkan. Apalagi juga tersiar kabar bahwa kapal kapal perintis milik Pemprov Jatim  tersebut sudah berlayar dari Surabaya menuju Pulau Masalembu. Karena itu, massa calon penumpang ---sebagian besar eks tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal yang baru saja di deportasi dari Malaysia-- mendatangi pelabuhan, kemudian  naik ke KM DBS I.

Mereka tidak menggubris pernyataan nahkoda kapal bahwa kapal masih belum akan berlayar karena belum ada izin untuk berlayar.  Salah seorang perwakilan penumpang Abdul Rahman mengatakan, para penumpang yang sudah sekitar 20 hari telantar tidak kuat lagi lama menunggu kapal  berangkat ke kampung mereka di Kangean.
”Logikanya, kalau kapal perintis sudah berani melayari lintas Surabaya- Masalembu, yang ombaknya sangat besar, maka untuk jalur Sumenep- Kangean yang relatif lebih aman mestinya juga diberangkatkan,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Sumenep Achmad Aminullah menyatakan siap menanggung akomodasi ratusan penumpang yang telantar di Pelabuhan Kalianget. Dia menganggarkan Rp 5.000 per orang/makan. ”Sesuai jadwal kami siap menanggung akomodasi mereka hingga 22 Februari sebagaimana jadwal yang diberikan adpel (administrasi pelabuhan, Red) untuk dimulainya pelayaran,” pungkas Aminullah.st2

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home