Wednesday, January 23, 2008

BEM Unira Ancam Demo Lagi

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unira mengancam turun jalan lagi. Itu akan dilakukan BEM bila tuntutannya tak diakomodasi rektorat Unira. Dalam hitungan 3x24 jam sejak kemarin, BEM mengancam demo Rabu (16/1) mendatang.

Seperti diberitakan, ratusan mahasiwa yang tergabung dalam barisan BEM-Unira turun jalan (9/1). Mereka menuntut transparansi penggunaan dana pendidikan di kampus swasta tertua di Madura itu. Selain itu, mahasiswa mendesak rektorat memerbaiki sarana kampus. Diantaranya, tempat parkir dan laboratorium. BEM juga minta tak ada kenaikan biaya UAS (ujian akhir semester).

Kemarin BEM kembali satukan tekad. Pasalnya, janji rektorat yang akan klarifikasi gagal digelar kemarin. Sebab, pejabat rektorat punya acara lain yang tak bisa diwakilkan. Akibatnya, dialog antara BEM-rektorat sebagai tindak lanjut demo sebelumnya tertunda.

Jubir koalisi BEM universitas-fakultas, Alan, memahami kesibukan rektorat. Tetapi, BEM tetap menghendaki ada dialog tindak lanjut pasca demo lalu. Menurut dia, mahasiswa pantas menuntut transparansi DPP (dana pembangunan pendidikan) dan biaya operasional lainnya.

Menurut Alan, bila tak ada jalan tengah, dirinya bersama mahaiswa lainnya akan gelar aksi lanjutan. "Tetapi kami masih memilih langkah persuasif," tegasnya.

Sebelumnya, saat demo lalu, Rektor Unira Amiril mengatakan, mahasiswa harus kedepankan rasionalitas dan dialog. Dia menilai, diskusi di tengah kegaduhan unjuk rasa tak efektif. Itu sebabnya, Amiril mengundang perwakilan mahasiswa untuk berdialog. (jawa pos)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home