Saturday, August 9, 2008

Panen Semangka Melimpah

Musim kemarau tidak selalu identik dengan kemalangan petani. Ketika musim kemarau memasuki puncaknya, sebagian warga justru sedang panen buah semangka.

Seperti yang dilakukan sebagian warga di Desa Pamoroh, Kecamatan Kadur. Sejak beberapa waktu terakhir, warga setempat mulai panen semangka. Kini, hasil panen semangka warga sudah dijual di beberapa tempat di perkotaan.

Bagi petani yang kreatif, mereka tidak hanya berjualan ke perkotaan. Sebagian menjual semangkanya di dekat pinggiran jalan menuju arah utara. Seperti yang terlihat di Jalan Raya Pakong, tepatnya di Desa Pamaroh, Kecamatan Kadur.

Dari pantauan koran ini, terlihat beberapa pembeli sedang melihat buah semangka yang perkilonya dijual dengan harga Rp 1.750 per kg. Untuk satu buah semangka beratnya berbeda-beda. Mulai dari 3 kg, sampai berbobot 8 kg. Harga untuk ukuran paling besar bisa mencapai Rp 14.000 per buah.

Sadik, penjual semangka asal Kecamatan Kadur mengatakan, pihaknya sengaja datang ke kota untuk menjual semangka hasil taninya. Sebab, pangsa pasar di kota diyakini lebih potensial.

"Tapi, ada juga keluarga yang berjualan di pinggir jalan di sekitar lokasi penanaman. Seperti di jalan menuju Pakong," katanya polos. (jawapos)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home